Pertama di Tabagsel, Bupati Tapsel Launching Layanan Darurat Call Center 112

Artikel | Jumat, 31 Mei 2024

Share This :

TAPSEL - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu secara resmi melaunching layanan darurat call center 112 Kabupaten Tapanuli Selatan di Aula Kantor Dinas Kominfo, Komplek Perkantoran Pemerintah Tapanuli Selatan, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Jumat (31/5).

Diketahui bersama bahwa kejadian gawat darurat sama sekali tidak dapat di prediksi kapanpun dan dimanapun, seperti hal naas yang baru saja terjadi menimpa satu keluarga di Desa Situmba Julu, Kecamatan Sipirok yang memakan korban jiwa.

Tepat pada Selasa (21/5) sekira pukul 00.00 WIB, pohon pinus tumbang akibat angin kencang yang mengakibatkan korban satu keluarga, dengan rincian 1 meninggal dunia, 1 kritis, 1 patah tulang, dan 1 orang selamat.

Dengan kehadiran call center 112 di Kabupaten Tapanuli Selatan, Dolly meminta agar dapat di sosialisasikan ke masyarakat umum sehingga masyarakat dapat menggunakan layanan tersebut dan sigap akan kejadian gawat darurat.

Melalui call center 112 ke depan masyarakat Kabupaten Tapsel diharapkan dapat lebih mudah untuk melakukan pengaduan yang terjadi di wilayah Tapsel.

"Hal ini juga merupakan wujud komitmen Pemkab Tapsel dalam meningkatkan pelayanan ke seluruh masyarakat," terang Dolly.

Dolly juga meminta kepada pihak terkait untuk mengantisipasi jika ada tangan-tangan usil yang hendak memberi laporan palsu.

"Karena ini masih dalam tahapan, maka harus ada penyempurnaan demi penyempurnaan," ujarnya.

Adapun layanan nomor darurat tersebut dapat diakses ke seluruh nomor operator maupun telepon rumah. Tidak dikenakan biaya sepeserpun dan dapat di akses ke seluruh wilayah Tapsel bahkan dalam keadaan ponsel terkunci.

Sebelumnya, Kadis Kominfo Tapsel, Inganan Dalimunthe dalam laporannya menjelaskan, bahwa call center sudah terbentuk di beberapa OPD terkait, yakni, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, BPBD, Dinas Kesehatan dan Dinas PP & PA.

Dengan hadirnya layanan darurat 112 dapat meningkatkan kualitas publik yang efektif, efisien, progresional serta perbaikan reformasi birokrasi di Tapsel.

"Kabupaten Tapanuli Selatan dalam layanan darurat 112 adalah ke 134 seluruh Indonesia, sedangkan di Sumut ke 9 dan yang pertama di Tabagsel," jelasnya.

Setelah itu, Bupati Tapsel melakukan launching layanan darurat 112 yang didampingi Forkopimda, Kemenkominfo RI dan PT. Digital Sandi Informasi.

Sumber : Dinas Komunikasi dan Infoelrmatika Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Infografis

© 2024 Kab. Tapanuli Selatan
| Situs Resmi Pemerintah Kab. Tapanuli Selatan